Diskominfo Kota Tangerang Klaim Telah Tangani 15.456 Pengaduan yang Masuk Melalui Aplikasi LAKSA
Bantentoday – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Banten menyatakan telah menangani pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) sebanyak 15.456 pengaduan selama tahun 2023.
Kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Ruang Kendali Kota Tangerang Live Room Diskominfo Kota Tangerang Muhammad Iqbal Santono, bahwa selama ini telah mengakomodasi pengaduan LAKSA yang masuk untuk diintegrasikan dengan layanan yang diberikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tertentu secara konsisten.
“Capaian tindak lanjut pada tahun 2023 kemarin mencapai angka 98,8 persen. Kita sudah tindak lanjuti secara optimal,” katanya belum lama ini.
Iqbal bilang, selama tahun 2023, pelayanan LAKSA telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kota Tangerang.
Berdasarkan angka persentase yang diakumulasikan, pengaduan lima OPD terbanyak pada tahun 2023 meliputi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mencapai 24,28 persen.
Diskominfo mencapai 8,27 persen, Dinas Perhubungan (Dishub) 7,67 persen, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mencapai 6,14 persen, Dinas Pendidikan (Disdik) 3,7 persen, dan sisanya OPD lainnya yang ada di Kota Tangerang.
Menurutnya, bentuk pengaduan yang masuk juga sangat bermacam-macam, semisal permintaan perbaikan lampu PJU, laporan jalan rusak di berbagai titik, informasi pengajuan KTP baru, informasi registrasi Super Apps Tangerang LIVE, sampai informasi mengenai pendidikan di Kota Tangerang.
“Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan yang sudah ada untuk melaporkan kejadian di wilayah atau hal lainnya yang dibutuhkan informasinya,” tungkas Iqbal.