Tokopedia Gandeng Meta Indonesia Beri Solusi Pemasaran dengan Fitur Collaborative Ads

Tokopedia Gandeng Meta Indonesia Beri Solusi Pemasaran dengan Fitur Collaborative Ads

Bantentoday – Jakarta – Tokopedia bekerja sama dengan Meta Indonesia memberikan solusi pemasaran untuk penjual dengan memperkenalkan fitur Collaborative Ads.

“Kolaborasi itu merupakan suatu wujud dari misi Tokopedia yaitu mendukung pemerataan perekonomian Indonesia dan mengembangkan perekonomian digital di Indonesia,” ucap Vice President Tokopedia Marketing Solutions Edwin Chayadi di Jakarta, Kamis (8/6).

Jelas Edwin, fitur utama dari Collaborative Ads adalah relevansi yang tinggi. Penjual yang mengiklankan produknya di anak perusahaan Meta, seperti Instagram dan Facebook, bisa terbantu dengan teknologi tersebut karena bisa menargetkan pasar secara lebih spesifik lagi.

Pengalaman belanja para konsumen juga akan semakin mudah karena iklan akan muncul di sosial media masing-masing sesuai kebutuhan. Misalnya, produk kosmetik hanya akan muncul di akun milik pengguna media sosial berjenis kelamin perempuan.

“Dari sisi algoritma, Meta akan mempelajari produk apa yang sedang dibutuhkan pengguna dengan iklan yang muncul,” ucap Edwin.

Edwin menyampaikan ada beberapa manfaat dari Collaborative Ads yang didapat penjual, seperti personalisasi iklan dan analisis menyeluruh sehingga pelaku usaha bisa memetakan strategi pemasaran yang lebih cerdas dan bisa menjangkau ratusan juta pengguna Tokopedia di seluruh Indonesia.

Head of Client Solution Meta Indonesia Mifza Muzayan mengatakan e-commerce menjadi salah satu platform belanja pilihan dari 168 juta konsumen digital di Indonesia karena penetrasi internet yang cukup tinggi, yakni sebesar 200-220 juta pengguna.

Ada tiga fase perjalanan konsumen digital saat berbelanja di e-commerce. Pertama fase discovery, yaitu konsumen melihat-lihat barang yang diinginkan. Kemudian fase evaluation seperti mencari tahu berapa harganya dan cara pakai, kemudian baru mereka membeli atau purchase.

Ia menyarankan pelaku usaha harus terus hadir di setiap perjalanan konsumen digital Indonesia.

“Dari sisi platform digital, kita selalu menyarankan pelaku usaha harus hadir di setiap perjalanan konsumen digital ini. Iklan di media sosial jadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dan pembeliannya (dilakukan) di marketplace,” ucap Mifza.

Collaborative Ads adalah penjual bisa mengiklankan produknya di Instagram atau Facebook dengan dana yang disesuaikan dengan kebutuhan penjual, lalu dalam laman media sosial pembeli akan muncul produk tersebut sesuai dengan preferensi mereka masing-masing.

Pembeli bisa mengetuk tautan yang ada dan langsung tersambung dengan laman Tokopedia produk tersebut.

Saat ini, Tokopedia sudah memfasilitasi lebih dari 14 juta penjual dengan menjual lebih dari 1,8 miliar produk setiap hari di Indonesia, serta bisa menjangkau 99 persen kecamatan di Indonesia.

Dampak dari Collaborative Ads bagi penjual ialah terjadi peningkatan penjualan dan pendapatan cukup signifikan rata-rata 30 persen, peningkatan order atau pesanan 35 persen dan return on ad spend atau dana return iklan sebesar hampir 14 kali lipat.

CATEGORIES
TAGS