Terkait Pengelolaan SDM, AP II Raih 3 Penghargaan di Ajang Human Capital & Performance Award 2023
Bantentoday – PT Angkasa Pura II (Persero) meraih tiga penghargaan pada ajang Human Capital & Performance Award 2023. Ketiga penghargaan tersebut terkait pengelolaan sumber daya manusia (SDM) seperti The Best Human Capital Team of The Year, The Best Human Capital Director of The Year dan The Best Digital Transformation Strategy.
Pemberian tiga penghargaan kepada AP II itu, dinilai dari strategi dalam pengelolaan SDM pada 20 bandara yang dikelolanya untuk secara berkelanjutan melahirkan beragam inovasi pada aspek operasional dan pelayanan kepada masyarakat.
Direktur Human Capital AP II Ajar Setiadi mengatakan bahwa pihaknya telah menciptakan iklim kerja yang baik dalam mengelola 20 bandara yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
“Kami bersyukur, AP II dapat selalu menciptakan iklim kerja yang baik, dan kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan yakni The Best Human Capital Team of The Year 2023,” katanya di Tangerang, Banten, Minggu (3/12).
Selain itu, dalam ajang tersebut, Ajar Setiadi juga dianugerahi The Best Human Capital Director of The Year 2023 atas perannya dalam mendorong keunggulan SDM dan memimpin transformasi budaya perusahaan.
Transformasi budaya AP II didasarkan pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), sebagai nilai perusahaan.
“Penerapan AKHLAK mampu mendorong SDM di AP II untuk lebih berani keluar dari zona nyaman. AKHLAK juga menjadi momentum transformasi budaya SDM AP II untuk mengubah pola pikir lama, terus kuat menghadapi situasi apapun, mampu beradaptasi dengan cepat dan tidak mudah menyerah,” ujarnya.
Kemudian, penghargaan ketiga yang diraih AP II adalah The Best Digital Transformation Strategy. “Transformasi digital di AP II dapat berjalan dengan baik karena berjalannya transformasi budaya dan pengembangan kualitas SDM,” tutur Ajar Setiadi.
“SDM adalah faktor paling penting dalam kesuksesan transformasi digital di AP II. Tanpa SDM yang tidak kompeten atau tidak memahami digitalisasi dan teknologi, maka transformasi digital tidak mungkin berjalan. Sejalan dengan itu, AP II terus membentuk SDM yang digital savvy, tech savvy, serta SDM yang kreatif dan inovatif,” tuturnya.
Ia mengungkapkan, untuk transformasi digital di AP II telah berjalan sejak 2016, dan kini telah melahirkan beragam inovasi digital seperti Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai pusat monitoring operasional dan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta.
Selanjutnya, AP II juga memperkenalkan layanan TravelinPass yang memungkinkan penumpang pesawat dapat memproses keberangkatan hanya dengan menunjukkan wajah melalui biometric face recognition.
“Dan layanan ini sudah didukung dengan aplikasi Travelin yang dimilik oleh AP II saat ini,” pungkas Ajar Setiadi.