Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Target TransJakarta, 4 Juta Pelanggan di Tahun 2025

Target TransJakarta, 4 Juta Pelanggan di Tahun 2025

Bantentoday – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) optimis mampu mencapai target empat juta pelanggan pada 2025 melalui  peningkatan mutu pelayanan dengan cara peningkatan produktivitas hingga mempertimbangkan  beban penumpang (load factor).

Kata Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yusa di Jakarta, Sabtu (17/6), mengatakan, nanti pihaknya juga akan menambah jaringan baru pada daerah yang belum terlalu padat namun, sekarang menjadi pusat perkantoran.

Dia mencontohkan, jika dulunya pusat perkantoran banyak berada di Sudirman dan Kuningan maka sekarang juga merambah pada kawasan TB Simatupang yang kini juga banyak tersebar kantor multinasional.

“Itu kan menjadi wilayah atau area yang harus kita fokus untuk melihatnya,” tambahnya.

Welfizon  membenarkan nantinya ada penambahan armada dengan memperhatikan kebutuhan mobilitas masyarakat DKI di suatu kawasan pada masa yang akan datang.

“Banyak hal juga yang perlu diubah untuk mencapai empat juta pelanggan seperti pola kerja, kita dorong semua pemimpin dan lainnya turun ke lokasi lihat kondisinya apa. Langsung temukan solusinya di situ,” terangnya.

Adanya pengecekan ke setiap lokasi ini, menurut dia harus terjun untuk mengetahui fakta yang ada di lapangan dengan mendengarkan langsung keluhan pelanggan.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan strategi tarik (pull strategy) dimana memperhatikan waktu tunggu (waiting time) hingga harga dan akses layanan yang terjangkau untuk menarik minat pelanggan.

“Kalau BRT kita fokuskan waktu perjalanan (travel time) dan sterilisasi koridor, kalau non BRT ada beberapa bus stop itu kapasitasnya besar disediakan mesin sentuh (tap) kartu elektronik portabel,” tutupnya.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melayani 1.001.564 pelanggan pada Selasa (13/6) atau naik 40.977 pelanggan (4,1 persen) dibandingkan Selasa (6/6).

Pencapaian itu didukung pelanggan BRT, non BRT, mikrotrans hingga layanan khusus yang disediakan perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Untuk layanan BRT, TransJakarta mengangkut 410.927 pelanggan, mikrotrans 409.759 pelanggan, dan non BRT di 181.270.

TAGS