Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Model Hybrid Kuasai Penjualan Passenger Suzuki

Model Hybrid Kuasai Penjualan Passenger Suzuki

Bantentoday – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperoleh tren positif dalam penjualan kendaraan hybrid nya menjelang akhir tahun 2023.

Sejak awal peluncuran mobil hybrid Suzuki pada pertengahan tahun 2022, Suzuki melihat adanya perkembangan minat konsumen hingga pada bulan November 2023 ini.

Catatan terkini menunjukkan, Suzuki dapat mencetak peningkatan penjualan mobil hybrid sebesar 21% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Peningkatan ini diperoleh dari akumulasi penjualan 3 kendaraan hybrid Suzuki yaitu All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid dengan dominasi sebesar 49% dari total penjualan passenger car di bulan November 2023.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan kendaraan hybrid ini didukung oleh kepercayaan masyarakat akan keunggulan dan performa kendaraan ramah lingkungan yang dihadirkan Suzuki.

“Pada November ini, kami menerima catatan penjualan yang positif, khususnya dari segmen kendaraan passenger yang telah disematkan teknologi hybrid. Untuk penjualan hybrid mengalami peningkatan hingga 21% pada November 2023 jika dibandingkan dengan Oktober 2023,” ujarnya.

“Kami melihat bahwa orientasi masyarakat perlahan berubah, yang saat ini sudah semakin peduli akan pentingnya penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan. Konsumen kami dapat bijak memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dengan mempertimbangkan faktor ukuran, fitur dan teknologi untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara, hingga biaya kepemilikan, layanan aftersales, dan efisiensi penggunaan bahan bakar sehari-hari,”tutur Randy.

Bila memetakan persebaran penjualan kendaraan hybrid Suzuki di Indonesia, maka pasar penjualan hybrid Suzuki masih didominasi oleh Pulau Jawa. Jabodetabek sendiri menjadi daerah yang berkontribusi paling tinggi yaitu sebesar 48%, kemudian diikuti oleh wilayah Jawa Timur dengan kontribusi sebesar 15%, disusul oleh Jawa Tengah sebesar 7%, dan Jawa Barat sebesar 6%.

Sedangkan untuk provinsi di luar pulau Jawa, yang saat ini juga mulai mengadopsi tren kendaraan ramah lingkungan berasal dari Provinsi Bali dan Kalimantan Timur. Persebaran di area-area tersebut menjadi cerminan kapabilitas mobil hybrid Suzuki yang tangkas digunakan pada kondisi geografis yang beragam.

Saat penggunaan di area perkotaan dengan lalu lintas yang padat, kendaraan hybrid Suzuki yang sudah dilengkapi teknologi SHVS memungkinkan adanya pemanfaatan fitur seperti Engine Auto Start-Stop yang membantu meminimalisir penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang kendaraan. Kondisi dari penjualan Suzuki di bulan November 2023 tersebut, menjadikan perbandingan penjualan yang seimbang antara passenger car sebesar 50.1% dan 49.9% untuk commercial car.

Berpegang pada komitmen untuk menghasilkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, Suzuki memulai langkahnya dengan memadukan antara mesin konvensional dan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada beberapa kendaraan seperti All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid. Lebih membanggakan, dua dari tiga kendaraan hybrid yang dipasarkan Suzuki merupakan hasil produksi dalam negeri.

Tercatat bahwa pada November 2023 lalu, 90% penjualan mobil hybrid merupakan hasil produksi lokal atau buatan pabrik Suzuki di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Langkah ini merupakan wujud dari kompetensi dan keseriusan Suzuki untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan yang berkualitas namun dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat luas.

“Melalui peningkatan penjualan pada November lalu, khususnya untuk kendaraan hybrid Suzuki, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah percaya dan memilih untuk menjadikan Suzuki sebagai mobil penunjang kegiatan hariannya. Tentunya kami juga akan terus berusaha mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan kendaraan rendah emisi di masa mendatang dengan menjangkau daerah yang lebih luas lagi agar perlahan-lahan dapat beralih pada kendaraan hybrid dan juga menerapkan gaya berkendara Eco-Driving,” tutup Randy.

TAGS