Kementerian Ekraf Siap Kolaborasi dengan Female Daily Bawa IP Beauty Event ke Pasar Global

Bantentoday – Menteri Ekonomi Kreatif (Menteri Ekraf) Teuku Riefky Harsya menerima audiensi dari CEO Trans Digital Lifestyle Group (TDLG) Putri Tanjung untuk membahas rencana kolaborasi Intellectual Property (IP) Female Daily X Beauty ke level internasional. Rencana pameran ini dirancang untuk membuka akses merek-merek lokal ke pasar global, khususnya di sektor kecantikan, kesehatan, dan kerajinan berbasis budaya.
“Kementerian Ekonomi Kreatif siap mendukung, termasuk memperkuat posisi acara ini sebagai bagian dari strategi internasionalisasi event berbasis kekayaan intelektual (IP Event),” ujar Menteri Ekraf Teuku Riefky di kantor Kementerian Ekraf, Rabu (6/8/2025).
Female Daily X Beauty sendiri memiliki fokus utama memperkenalkan produk unggulan Indonesia, seperti halal skincare, bahan-bahan lokal bersejarah (heritage ingredients), hingga formula ramah iklim (climate-smart formulas). Produk-produk kreatif dari berbagai daerah di Indonesia direncanakan ikut serta dalam ajang ini, sebagai bentuk nyata pembangunan ekonomi kreatif yang merata dari daerah ke panggung global.
Menteri Ekraf Teuku Riefky menekankan pentingnya kolaborasi lintas kementerian serta peran strategis pemerintah daerah dalam proses kurasi produk yang akan dibawa ke pameran. Selain itu Menteri Ekraf Teuku Riefky juga menyoroti potensi kolaborasi dengan perwakilan Indonesia di luar negeri, seperti KBRI dan Wisma Indonesia, yang dapat mendukung pelaku ekonomi kreatif.
“Kami siap untuk menjajaki sinergi dengan sponsor dan pelaku industri lain yang telah aktif memasarkan produk Indonesia di luar negeri,” tambah Menteri Ekraf Teuku Riefky.
Sementara itu, Putri Tanjung menjelaskan bahwa rencana ini tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sarana membangun jejaring bisnis. Dia juga berharap Kementerian Ekraf dapat memberikan arahan dalam aspek regulasi serta membuka koneksi strategis lintas sektor.
“Kami akan mengundang investor dan mitra ritel dari negara lain, termasuk outlet dan department store . Akan ada sesi khusus B2B (Business-to-Business) untuk mempertemukan brand lokal dengan calon mitra internasional,” ujar Putri.
“Hadirnya pameran ini menunjukkan bahwa ekonomi kreatif Indonesia tumbuh dari ide-ide lokal yang dikurasi dengan visi global agar dunia melihat bahwa kemerdekaan semakin nyata dengan kreatif anak bangsa dimulai dari daerah,” tegas Putri.
