Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Kemendag Gandeng Anak Muda Promosikan Produk Perhiasan Mutiara dan Perak Indonesia di India

Kemendag Gandeng Anak Muda Promosikan Produk Perhiasan Mutiara dan Perak Indonesia di India

Bantentoday – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chennai memfasilitasi lima pelaku usaha yang mayoritasnya adalah anak muda untuk mengikuti pameran International 15th Jewellery and Gem Hyderabad di Chennai, India.

Keikutsertaan di pameran yang berlangsung pada 9–11 Juni 2023 tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perhiasan Indonesia khususnya dari mutiara dan perak.

“Dari kelima pelaku usaha yang ikut pada pameran kali ini, mayoritasnya adalah anak-anak muda dengan kemampuan mendesain perhiasan dan bernilai tambah, serta mempunyai semangat untuk mengenalkan dan memasarkan produk perhiasan. Di India, potensi pasar perhiasan terus tumbuh dan berkembang,” ungkap Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, Miftah Farid diketerangan resminya, Jumat (16/6).

Pelaku usaha yang berpartisipasi dalam pameran tersebut yaitu THK Lifestyle dengan produk sterling silver jewelry; Medividi dengan produk silver, gold, and palladium jewelry; Indah Mutiara Lombok dengan produk pearl jewelry; Ellyhan Jewelry dengan produk pearl jewelry; serta PT Usaha Fitria Investindo (Nahdi Jewelry) dengan produk fashion jewelry & Jenitri (rudraksha).

Kelima pelaku usaha tersebut telah melewati proses seleksi dan kurasi yang dilakukan Ditjen PEN dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chennai.

Menurut Miftah, keikutsertaan pelaku usaha perhiasan Indonesia di pameran ini diharapkan menjadi pintu pembuka yang lebih lebar lagi bagi produk Indonesia memasuki pasar India yang terus tumbuh dan berkembang.

“Melalui pameran ini, kami berharap dapat terjalin kontrak dagang dengan mitra dagang potensial di kawasan Asia Selatan, khususnya di India,” tuturnya.

Kepala ITPC Chennai-India, Nugroho Priyo Pratomo menjelaskan, International 15th Jewellery and Gem Hyderabad 2023 merupakan pameran internasional perhiasan, permata, dan mutiara tahunan terbesar di India berkonsep bisnis ke bisnis (B to B) yang diselenggarakan Informa Market.

Pameran menampilkan produk perhiasan, permata, dan mutiara yang berkaitan dengan perhiasan, fesyen, dan gaya hidup. Pameran ini dihadiri para desainer, produsen, penjual grosir, importir, dan eksportir dari seluruh India.

Pameran terbagi ke dalam tujuh zona utama, yaitu Gold and Platinum Jewellery, Studded Jewellery, Diamond Jewellery, Gemstone & Pearl Jewellery, Silver Jewellery, Precious & Semi Precious Metals and Stones dan Equipment & Material, Packaging, Machineries and Technology.

Sedangkan Paviliun Indonesia berada pada zona Gemstone & Pearl Jewellery dan Silver Jewellery dan mengusung tema “The Beauty of Indonesia’s Pearl and Silver Jewellery”.

Selama pameran berlangsung, lanjut Nugroho, total pengunjung yang hadir mencapai lebih dari 8.000 pengunjung dan diikuti 250 peserta pameran dari berbagai kota di India.

“Para pengunjung yang datang ke Paviliun Indonesia sangat antusias dengan produk perhiasan mutiara Lombok, baik yang berupa perhiasan maupun aksesori mutiara. Aksesori yang terbuat dari jenitri juga menjadi daya pikat tersendiri. Ini karena buah jenitri dikenal sebagai ‘rudraksha’ yang dijadikan aksesori sakral dan dipakai umat Hindu di India. Selain itu, produk silver sterling Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari pengunjung,” tambah Nugroho.

Berdasarkan data dari kajian Ikon Marketing Consultant, pada 2023, pasar perhiasan di India diperkirakan mencapai USD 80,84 miliar. Nilai ini naik 5,60 persen dari tahun 2020 yang mencapai USD 68 miliar.

Sementara itu, pada 2022, nilai ekspor produk perhiasan Indonesia ke India sebesar USD 1,4 juta dengan kenaikan tren 8,4 persen di lima tahun terakhir.

“Produk-produk perhiasan Indonesia berpeluang sangat besar untuk ditingkatkan pangsa pasarnya di India, khususnya dengan prediksi pertumbuhan populasi kelas menengah di India tahun 2025 yang mencapai 55 persen dari total populasi. Angka ini akan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan pasar perhiasan di India,” pungkas Nugroho.

TAGS