Debut ARCH:ID 2025 di ICE BSD, in-Lite Hadirkan A Glowing Light Box

Bantentoday – Untuk pertama kalinya, in-Lite turut ambil bagian dalam pameran arsitektur paling bergengsi di Indonesia, ARCH:ID 2025. Mengusung konsep Beyond Illumination, in-Lite membuktikan bahwa pencahayaan bukan lagi sekadar pelengkap, tetapi kini menjadi elemen vital yang menyatu dengan narasi arsitektur.
Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, in-Lite menghadirkan paviliun eksklusif bertajuk “A Glowing Light Box” yang dirancang oleh Pavilion95 dan Insignio Studio. Terletak di Hall 6 No. 079 di area strategis Jembatan Khatulistiwa, paviliun ini mengajak pengunjung mengeksplorasi cahaya dari perspektif yang belum pernah dirasakan sebelumnya.
“Teman-teman arsitek berusaha menciptakan bangunan dengan karakter yang kuat. Di sinilah pencahayaan berperan penting – ia bisa membentuk struktur, memperkuat tekstur, dan menyampaikan cerita. Dengan pencahayaan yang tepat, desain arsitektur bisa naik kelas,” ujar Fransiska Darmawan, General Manager Marketing in-Lite.
Senada dengan itu, Fery Darmawan, General Manager Product Development in-Lite menekankan pentingnya inovasi dalam pengembangan produk pencahayaan. “in-Lite melihat tren bahwa masyarakat tak lagi memandang cahaya hanya sebagai utilitas. Kami hadir dengan fitur-fitur pintar seperti kontrol jarak jauh, penyesuaian suasana, hingga lampu tenaga surya yang lebih berkelanjutan,” jelasnya.
Paviliun in-Lite menampilkan lima ruang imersif: The Chandelier, The Room, The Void, The Corridor, dan The Garden. Agust Danang Ismoyo, Lighting Design Director Pavilion95, menjelaskan bahwa penggunaan material semi-transparan dan teknik layered lighting memungkinkan pencahayaan menjadi pengalaman visual dan emosional yang mendalam.
ARCH:ID 2025 sendiri mengusung tema Performative Archipelago, yang mendorong eksplorasi arsitektur berbasis keberagaman budaya dan sumber daya lokal. in-Lite, sebagai brand LED karya anak bangsa, hadir untuk memperkuat nilai tersebut dengan semangat kolaboratif bersama para mitra kreatif seperti TACO, Artisan Rug, Shema Lab, hingga Armonia Paint.
Kontribusi TACO, misalnya, diungkap oleh Anastasia Tirtabudi, VP Brand Marketing & Corp. Communication TACO. Ia menyatakan bahwa partisipasi ini bukan hanya soal material, tetapi soal menghadirkan inspirasi yang memperkaya desain ruang. Produk unggulan seperti TACO HPL Essential dan FIDECO Mirror Series ditampilkan sebagai bagian integral dari keindahan paviliun in-Lite.
Sementara itu, Bobby Sitanajah, Direktur Artisan Rug dan Shema Lab, menambahkan bahwa kenyamanan ruang juga bisa ditingkatkan melalui elemen seperti karpet, yang menghadirkan kesan elegan sekaligus hangat. “Karpet juga bagian dari pencipta suasana, yang memperkuat karakter ruang secara menyeluruh,” ujarnya.