Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Cari Transportasi Ekonomis Buat Mudik? Ada KA Pasundan Lebaran yang Hadir di Tanggal 21 Maret – 11 April 2025

Cari Transportasi Ekonomis Buat Mudik? Ada KA Pasundan Lebaran yang Hadir di Tanggal 21 Maret – 11 April 2025

Bantentoday – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan KA Pasundan Lebaran sebagai solusi transportasi terjangkau bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman selama musim Lebaran 1446 H/2025. Beroperasi pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025, KA Pasundan Lebaran melayani relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong (pp) dengan tarif yang sangat ekonomis, mulai dari Rp88.000 hingga Rp94.000.

Vice President Public Relations KAI – Anne Purba menyampaikan bahwa kehadiran KA Pasundan Lebaran merupakan bagian dari upaya KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kami memahami bahwa tradisi mudik merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, KAI berkomitmen untuk menghadirkan layanan transportasi yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga tetap terjangkau agar lebih banyak masyarakat dapat menikmati perjalanan menuju kampung halaman bersama keluarga tercinta,” ujar Anne.

Tiket KA Pasundan Lebaran telah tersedia sejak 27 Februari 2025 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI (booking.kai.id), serta mitra penjualan resmi lainnya. Mengingat tingginya minat masyarakat terhadap layanan ini, KAI mengimbau pelanggan untuk segera melakukan pemesanan agar tidak kehabisan tiket.

KA Pasundan Lebaran akan beroperasi dua kali sehari, dengan jadwal keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 10.00 WIB dan tiba di Kiaracondong pukul 01.25 WIB. Sementara itu, perjalanan sebaliknya dari Kiaracondong menuju Surabaya Gubeng akan berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba pada pukul 22.33 WIB.

“Hingga 10 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat bahwa jumlah tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 1.779.802 tiket atau sekitar 51,68% dari total kapasitas 3.443.832 kursi yang disediakan. Sementara itu, untuk KA Lokal, jumlah tiket yang telah dibeli pelanggan mencapai 33.593 tiket atau sekitar 2,93% dari total kapasitas 1.147.678 kursi. Angka penjualan tiket KA Lokal masih cenderung rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-30 sebelum keberangkatan dan sebagian besar tiket KA Lokal baru tersedia untuk dipesan pada H-7, “ tambah Anne.

Sebagai transportasi yang menjangkau berbagai lapisan masyarakat, KA Pasundan Lebaran tetap dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman termasuk pendingin udara serta layanan optimal dari kru kereta. KAI juga memastikan bahwa aspek keselamatan dan ketepatan waktu tetap menjadi prioritas utama selama masa operasional Lebaran.

Anne menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, KAI juga menyediakan berbagai layanan digital melalui aplikasi Access by KAI termasuk pemesanan makanan, pemilihan kursi, serta fitur notifikasi perjalanan yang membantu pelanggan mendapatkan informasi terkini terkait perjalanannya.

“KAI juga telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk kelancaran perjalanan Lebaran, seperti penambahan personel di stasiun, optimalisasi layanan pelanggan, serta peningkatan pengamanan di dalam kereta dan area stasiun,” tukas Anne.

TAGS