Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

BTN resmi luncurkan Super App ‘Bale by BTN’

BTN resmi luncurkan Super App ‘Bale by BTN’

Bantentoday – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi meluncurkan Bale by BTN sebagai sebuah Super App yang menawarkan solusi menyeluruh dan layanan melalui inovasi digital. Melalui peluncuran tersebut, pihaknya berharap dapat mencatat empat hingga lima juta pengguna atau user Bale by BTN hingga akhir tahun 2025.

“Super App ini akan memberikan pengalaman baru perbankan bagi seluruh nasabah kita,” kata Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu di Jakarta, Minggu (9/2).

Bale by BTN disebut menjadi inisiatif strategis perseroan untuk bisa lebih kompetitif lagi dalam menjadikan BTN sebagai bank transaksional. Berbagai fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi perbankan dan keuangan tersedia melalui Bale by BTN, sehingga nasabah hanya perlu mengakses satu Super App untuk berbagai kebutuhan.

Bale by BTN disebut memberikan pengalaman perbankan baru bagi nasabah dengan journey lengkap. Mulai dari pembukaan rekening tabungan dana eDeposito, transactional banking, pengajuan kredit, pengajuan merchant, lifestyle ekosistem unggulan, hingga Plus by BTN Prioritas. Berbagai fitur juga tersedia seperti pengelolaan portofolio investasi, serta cashback 30 persen di 51 merchant nasional dan 1.731 merchant lokal.

Super App ini turut menghubungkan nasabah dengan ekosistem perumahan dengan menggabungkan platform BTN Properti ke dalam Bale by BTN dan mengembangkan fitur pengajuan KPR online yang lebih efisien.

“Sebagai visi baru BTN pada tahun 2024-2029, kami telah mencanangkan ‘Beyond Mortgage’, yaitu menjadi ‘Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia’. Jadi, tidak hanya mortgage, tapi seluruh kebutuhan transaksi keluarga yang kita support pembiayaan rumahnya untuk bisa dilayani oleh bank tabungan negara,” katanya.

Adanya Super Apps ini diharapkan dapat menarik lebih banyak dana murah ritel secara berkelanjutan, mempermudah nasabah memenuhi berbagai kebutuhan mereka secara digital, dan membantu peningkatan dana pihak ketiga (DPK) ritel serta pendapatan berbasis biaya atau fee-based income.

“Hari ini, yang sudah menjadi user Super App kita sebanyak 2,3 juta dan volume transaksinya terus naik hari ini, sudah Rp6,6 triliun per bulan dan kita setiap bulannya mendapatkan kurang lebih 100 ribuan customer atau user baru dari Super App ini,” ujar Nixon.

Diketahui, pada akhir Desember 2024, BTN mencatat peningkatan hampir 43 persen year-on-year (yoy) di saldo tabungan menjadi Rp16,76 triliun dari sebelumnya Rp11,66 triliun. Sementara itu, saldo eDepo melonjak 103,84 persen yoy menjadi Rp5,3 triliun dari sebelumnya Rp2,6 triliun, dan saldo merchant naik 58,6 persen yoy menjadi Rp2,49 triliun dari sebelumnya Rp1,57 triliun.

Mayoritas user aktif BTN Mobile (nama aplikasi sebelum Bale by BTN) didominasi oleh segmen milenial atau nasabah produktif yang memiliki penghasilan dan terbiasa melakukan transaksi dengan menggunakan mobile banking.

“Diharapkan, Bale by BTN akan diminati oleh segmen berusia muda, yakni para Gen Z. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Super App ini didesain dengan daya tarik lebih catchy dan tone warna soft, lengkap dengan ikon-ikon fitur yang mudah digunakan oleh anak muda,” tambah SEVP Digital Business BTN Thomas Wahyudi.

 

TAGS