Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Digelar, Wali Kota Tangerang: Ajang Penyaluran Bakat

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Digelar, Wali Kota Tangerang: Ajang Penyaluran Bakat

Bantentoday – Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) akan diselenggarakan pada 13 – 16 Juni 2023 dengan melombakan 11 cabang olahraga untuk jenjang SD dan lima cabang olahraga untuk jenjang SMP, serta diikuti oleh 810 siswa yang terdiri atas 650 siswa SD dan 160 siswa SMP.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan O2SN ini dapat menjadi penyaluran bakat, minat, keterampilan sekaligus pengembangan dari anak-anak agar selain dapat hidup sehat, juga dapat menjadi olahraga prestasi,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Banten, Selasa (13/6).

Selain itu, Wali Kota Arief juga mengatakan dengan diimplementasikannya Kurikulum Merdeka, anak-anak dapat lebih bebas dalam memilih materi pembelajaran sesuai dengan minat bakat masing-masing.

“Oleh karena itu, ajang ini penting, selain sebagai ajang pembentukan karakter, juga dapat menjadi sarana untuk mengasah minat dan bakatnya, sehingga nantinya anak-anak dapat memilih masa depannya sesuai dengan bakat dan minatnya tadi,” katanya.

Ia berharap para guru juga dapat semakin kreatif agar dapat menjadi motivasi bagi anak-anak Kota Tangerang untuk lebih maju. “Dibutuhkan inovasi dalam pengajaran agar menghasilkan kualitas terbaik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan cabang olahraga yang dilombakan, di antaranya adalah atletik, renang, senam, bulu tangkis, pencak silat, karate, tenis meja, catur, bola voli mini, sepak takraw, dan sepakbola mini.

Sedangkan untuk jenjang SMP ada lima cabang olahraga, yaitu atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate.

“Kegiatan ini kan berjenjang dari tingkat kecamatan, lalu tingkat kota, provinsi dan nasional. Jadi, kalau misalnya juara satu akan kirim ke tingkat provinsi dan nanti ke tingkat nasional. Nanti, kami siapkan guru di sekolah masing-masing sebelum dikirim ke provinsi,” kata Jamaluddin.

CATEGORIES
TAGS